Kamis, 13 Agustus 2020

Ulang Janji HUT Pramuka Ke 59 Daring

 

Ulang Janji HUT Pramuka Ke 59 Daring

Oleh : Kak Muslihatun Syarifah, S. Pd, M. Pd

(Pembina Pramuka SMP N 8 Salatiga)





Upacara Ulang Janji merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Pramuka yang dilaksanakan pada malam menjelang tanggal 14 Agustus. Acara ini diikuti oleh pramuka penegak, pramuka pandega, dan pramuka dewasa dan dilaksanakan di tingkat Nasional, Daerah, Cabang, Ranting, hingga Gugusdepan.

Sesuai dengan namanya, inti acara ini adalah melakukan perenungan terhadap usaha dan karya yang telah dilakukan oleh setiap pramuka demi Kepramukaan dan Gerakan Pramuka serta mengulang pengucapan janji (Satya Pramuka).

Sebelum dilaksanakan, perlu dipersiapkan peralatan dan petugas Upacara Renungan dan Ulang Janji. Peralatan yang dibutuhkan antara lain; Obor Utama (Pelita Abadi), Sepuluh buah Obor Dasadarma, Naskah Pembawa Acara, Naskah Ulang Janji, Teks Renungan, dan Teks Doa.

Sedangkan petugas Upacara Renungan dan Ulang Janji terdiri atas Pembina Upacara, Pemimpin Upacara, Pembawa Acara, 10 Petugas Obor Dasa Dharma, Pembawa Bendera Merah Putih, Pemimpin Lagu (Dirijen), Pembaca Renungan, dan Pembaca Doa.

Namun kali ini ada yang berbeda, upacara ulang janji dimasa pandemi dilakukan secara daring. Tetap khitmat dan penuh sukacita walaupun hanya bisa menjadi peserta secara daring.

Sumber : https://www.msyarifah.my.id/ulang-janji-hut-pramuka-ke-59-daring/ 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Recent Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Sample Text

Featured Post

BERKEGIATAN DAN BERKOMPETISI DALAM LOMBA TINGKAT 1 (LT-I) SMP N 8 SALATIGA TAHUN 2023

 BERKEGIATAN DAN BERKOMPETISI DALAM LOMBA TINGKAT 1 (LT-I)  SMP N 8 SALATIGA TAHUN 2023 Kamis, 15 Juni 2023, Gerakan Pramuka SMP Negeri 8 Sa...

Cari Blog Ini

Recent in Sports

Home Ads

Facebook

Ads

Popular

Blogger templates

Pages